Langkah Kedua Menjadi Kaya

Investasi? Bukan, Invenstasi itu nanti untuk Langkah Ketiga. Yang kedua adalah Sedekah (giving money). Apa iya memberikan uang kepada orang miskin/yang membutuhkan bisa membuat kita kaya?

Inti pemkirannya adalah uraian Ibu Sina (980-1037), ya agak filosofis. Intinya adalah alam semesta ini empati simpati dengan perilaku kita (sedekah/doa). Bila kita berbaik hati memberi uang (bantuan) kepada yang membutuhkan, alam semesta akan berterima kasih dengan perbuatan kita. Berikut uraian lengkap mengenai simpati alam semesta (dalam format doc).

Awal 2007 kalau tidak salah, Prof Yohanes Surya, PHD (Presiden TOFI – Tim Olimpiade Fisika Indonesia) membuat uraian mengenai mestakung (atau di situs www.mestakung.com), Semesta Alam Mendukung, ya kurang lebih sama dengan uraian Ibnu Sina mengenai simpati.

Kalau penjelasan Al Quran adalah bila kamu memberi satu butir, maka satu butir itu akan menjadi 700 butir benih.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir yang pada tiap-tiap bulir itu terjurai seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui .
(Al Quran Surat Al-Baqarah: 261).

Kalau penjelasan ilmiah mengenai 700 butir benih ini adalah “Trickle Down Effect”. Efek dari suatu tetesan/kucuran ke bawah. Misal Sebuah Pabrik dibangun di kampung. 1,000 orang menjadi pegawainya. Seiring berjalannya waktu, banyak usaha kost-kostan muncul, banyak Warteg berdiri, banyak toko kelontong juga berdiri. Jadi Pabrik itu mampu menggerakan ekonomi di kampung itu (ssst, inilah mengapa ekonomi kampung di Indonesia tidak jalan, karena tidak ada pabrik yang dibangun di kampung…. mau bangun gimana? apa bebas pungli korupsi para oknum pejabat daerah?)

Nah Saya punya gaji, misal Rp.2 jt. Nah setiap bulan saya memberikan sekitar Rp. 50 ribu (2.5% gaji saya) kepada satu orang di kampung yang penghasilan dia hanya Rp.200 ribu sebulan . Buat dia Rp. 50 ribu besar sekali (25% dari pendapatan dia). Eh gak dinyana saya dapat tambahan rejeki (hanya dalam 3-6 bulan), gaji saya naik jadi katakanlah Rp.3 jt di tempat kerja baru. Saya yakin ini akibat sedekah saya tadi. Dan sejak saat itu tentunya sedekah saya naikkan menjadi, katakanlah Rp.200 ribu sebulan. Saya belum coba sedekah 10% of Salary, tapi kayaknya hasilnya lebih ajaib.

Kalau anda mencoba sedekah secara ikhlas tapi tidak ada hasilnya setelah 6 bulan, kemungkinan jumlah sedekah anda kurang banyak, atau (maaf) mungkin kurang ikhlas. Syarat uang sedekah juga harus uang halal. Kalaupun sedekah anda tidak mendatangkan harta benda, barangkali Tuhan telah memberikan anda kesehatan yang harganya (biaya RS bila sakit) melebihi jumlah imbalan uang.

 “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah (titik)  pun, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat balasannya pula”
(Alquran Al-ZalZalah Ayat:7-8)

 “Barang siapa yang bersungguh-sungguh mendekati Allah (bertaqwa), niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar bagi setiap urusannya, dan akan diberi rezeki dari tempat yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakal hanya kepada Allah, niscaya akan dicukupi segala kebutuhannya.”
(Al Quran Surah Al-Thalaq Ayat: 2-3)

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan, dan sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan”
(AlQuran surat Al-Insyirah Ayat:5-6).

Bersedekah tidak membuat anda miskin, tapi membuat (hati) anda kaya. Sedekah adalah pintu rejeki.

Lihat uraian:  Langkah Pertama Menjadi Kaya

2 Tanggapan

  1. Terima kasih saudaraku, one again anda mengingatkan saya untuk saling berbagi
    thanks

    ardietna

  2. Semoga jadi banyak orang bersedekah di jalan Allah….Amien!!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: