Dampak Negatif Obat Pien Tze Huang (Obat Cina Untuk Operasi Cesar)

Sudah menjadi rahasia umum siapa yang baru operasi (termasuk cesar) akan cepat sembuh bila minum obat/pil cina Pien Tze Huang.  Pien Tze Huang adalah enam butir pil yang harganya Rp. 200 ribuan. Obat ini kabarnya mampu membuat luka operasi cepat mengering. 

http://www.intisari-online.com/majalah.asp?tahun=2006&edisi=510&file=warna0101

http://www.kompas.com/kesehatan/news/0601/09/173858.htm

Dari artikel yang saya temui di internet, ternyata ada yang melaporkan bahwa luka operasi cesar memang cepat mengering, tapi produksi ASI juga cepat mengering. Dalam 1 bulan, ASI tidak keluar lagi! Namun ada juga yang mengatakan bahwa produksi ASI dia tetap banyak meskipun minum obat cina ini.

Saya sudah menanyakan ke dua orang Ibu-Ibu yang baru operasi cesar yang memakai obat cina ini, dan ASI nya memang mengering dalam 1 bulan.

Tentunya kesimpulan ini kurang sahih, namun ada baiknya buat Ibu-Ibu yang  yang berniat minum obat cina ini supaya mikir-mikir seribu kali dulu. Apalagi tulisan dalam kemasan adalah bahasa cina yang jarang sekali orang memahaminya. Setiap obat pasti ada efek sampingnya. Nah apa efek samping obat cina Pien Tze Huang yang tertulis di kemasannya?

Untuk kelahiran kedua, istri saya menjalanai operasi cesar (spt kelahiran pertama). Tanpa meminum obat cina tsb dalam 24 jam sudah bisa berdiri dan dalam seminggu sudah baik. Kata perawatnya, obat dan benang operasi dari RS. Budhi Jaya Manggarai Jaksel ini tergolong obat yang bagus (obat dan benang operasi katanya ada kelas-kelas harganya lho: kelas yang murah dan kelas yang mahal)

3 Tanggapan

  1. Sumber: http://www.sehatgroup.web.id/review.asp?id=1358

    Bekas luka caesar

    Question : Ada pertanyaan dari teman…. mohon sharingnya
    Warm regards,Nyoman RAHAYU

    Dear mbak Nyoman,

    Boleh minta tolongkah? Istri temenku bermasalah dengan jahitan bekassecarionya. Kaya’ rada basah gitu mbak dan ada bisul2nya. Kalo’ dipencetnggak sakit dan keluar kaya’ benang kecil2 /bihun kering gitu. Selama inicuma dikasih betadine aja krn istrinya parno kalo’ disuruh kedokter takutdibedah lagi, kemarin kalo’ dipencet jadi sakit trus dipaksa kedokter. Katadokternya nggak papa itu cuma karena hormonnya belum balik normal trusdikasih obat yang ternyata obat KB. Temenku bingung takut kalo’ diminumistrinya ntar ASInya menyusut.Minta tolong ditanyain di milis ya mbak, ke balita anda atau kesehat.
    Terimaksih sebelumnya.rgds,

    Answer 1 : Setelah 30 hari sehabis melahirkan anak ke 3, bekas luka caesar sayamerembes, keluar cairan berwarna merah muda dan di ujung kiri jahitanseperti ada benjolan (buhul benang) dan berbau.
    Saya balik ke DSOG, setelah diperiksa (bekas caesar disorot pakai lampu),ternyata kulit saya alergi, benang jahitan tidak bisa menjadi daging (2 anakpertama, saya juga di caesar, tetapi bekas jahitan seperti dilem/dijepit -beda rumah sakit).Akhirnya benang jahitan dibuka (tanpa bius lokal – rasanya janganditanya…), dan saya disuruh kompres Betadine yang diganti 2 hari sekaliselama 1 minggu (dibarengi dengan minum obat Cina untuk mengeringkan luka).Setelah 1 minggu, saya balik kontrol, di USG, untunglah jahitan luar – dalamsudah mengering.
    Regards,Santy

    Answer 2 : Soal bekas luka oeprasi sih.. kalo aku dulu gak pernahada masalah yah… paling setelah 1 tahun memang sukaada kayak komedo gitu kalo dipencet di bagianjahitannya.. itu mgkn krn krg bersih aja sih kalomandi n aku emang jarang bersihin krn emang agak sakitkan kalo dipencet gitu. Tapi kalo kayak benang2 gitusih gak ada.. dan gak pernah ada keluhan.Soal obat KB…. pil KB kah maksudnya??biasanya sih dulu waktu masih nyusuin dokter ngasihaku pil KB yg mandiri (emang buat nyusuin), so.. asigak akan menyusut…..
    Rgrds,Petty.

    Answer 3 : Dear Mbak Nyoman,
    Benang2 yg keluar itu mungkin benang jahitan. aku dulu jg begitu.4 hari setelah pulang ke rumah, aku ngerasa ada nyeri di lukanya.setelah cek ke dokter, buka perban, katanya ada iritasi di kulit – kulitnya kemerahan. akhirnya cm diganti perban aja dan dikasih antibiotik.esok lusanya, tau2 perbanku basah, dan agak2 bau .. nekat aku buka di rumah, ternyata ada luka kebuka, yg ngeluarin nanah banyak bgt – akhirnya balik lg ke dokter.sm dokter nanahnya dikeluarin, dikompres pake rivanol, dan ditaburi nebacetin powder di lukanya – proses ini harus diulang sendiri di rumah 3x sehari.
    nah pas mencet2 ini, suatu hari keluar benang .. kata dokter itu memang benang jahitan, tp dr bagian yg paling luar (dr seluruh 7 lapisan).jdnya, tiap keluar benangnya, paling2 aku gunting aja, drpd ketarik2 ..lama jg nih kerjaan bersihin luka ini, lebih dr 40 hari abis melahirkan msh blum sembuh jg (luka yg satu nutup, di tempat lain nongol kayak bisul dan bernanah lg .. )sampe sebel, gak selesai2 – krn perban gak boleh basah, jd mandi blum bisa jebar jebur .. pas semua lukanya dah kering, baru aku buka perban. skr lukanya jd keloid, kayak ulet keket .. :D
    Best regards,Reggie

    Answer 4 : Ikutan ya…
    Kalau saya, setelah beberapa hari di RS(infusan dan kateter dibuka) minumobat cina 2X sehari, minumnya 3 jam setelah minum obat dari dokter.Alhamdulilah 1 minggu kering dan sudah bisa jalan2 ke Mal.Coba aja beli obat cina, kalau dijakarta di pasar mayestik atau didaerahglodok ada, harganya sekitar 200rb.dapet 6 biji.Selamat mencoba, mudah2an cepet sembuh.
    Rgds/Dian

    Answer 5 : Mbak Dian,
    Dulu temenku jg nyaranin minum obat Cina, tp sama suamiku gak boleh krn takut ngaruh ke ASI yg diminum Rafa ..dan aku gak tau bisa minta konfirmasi kemana ..mbak, sebenarnya ada efek ke ASI nya gak ya ?
    Regards,Reggie

    Answer 6: Mbak Regie kebetulan saya salah satunya yg melahirkan dg cesar dan mengkonsumsi obat cina itu,Bener habis lepas infus dan sudah makan biasa obat itu baru diminum , karena saya dapat info dari tokonya sendiri , kalo mengkonsumsi obat ini tapi masih belum makan maka akan terjadi perdarahan hebat.Dan kebetulan pagi setelah lepas kateter & infus ( 2 hari habis operasi ), siangnya saya langsung ngajari anak saya minum ASI , dan kebetulan ASI saya langsung lancar waktu itu .Malamnya sekitar jam 11 malam saya minum obat nya ( 1 butir setiap malam selama 6 hari , itupun habis minum obat dari dokter jam 8 malam ) dan ternyata tidak ada efek sama sekali dengan ASI saya , dan terbukti anak saya sampai sekarang usia 3 bulan ASI saya masih lancar ,Kalo lagi kerja saya peras , lumayan dapet 2 botol 120 ml-an. Segini dulu infonya semoga bermanfaat.
    BstRgrds / Emaknya Kiki & Alan

    Answer 7 : sampai sekarang (Naya 5,5bln) Alhamdulilah baik2 saja, ASI ku sampaisekarang masih banyak.Tapi coba dulu cari referensi dari sumber lainnya.
    Dian

    Answer 8 : Mbak,
    Dulu waktu hamil aku pernah dapet artikel ttg obat china ini.Katanya bisa menyebabkan bayi yg minum ASI nya jadi kuning. cmiiw.Saya gak tau bener ato gak ttg email tersebut.
    Saya sendiri minta ke suami dan mertua, (yg kebetulan udah berencana membelikan obat cina itu untuk aku) untuk tidak membeli obat tsb, karena saya gak akan minum…hihihi…kan sayang, harganya jg mahal.
    Lagi pula apakah udah ada EBM nya bahwa obat cina tsb bener2 bisa lebih cepat menyembuhkan luka operasi.Rasa nya sih belum ada penelitiannya yah.
    DSOG saya hanya menyarankan makan banyak protein saja, itu udah cukup, dan Insya Allah cepet sembuh kok.
    Maap kalo gak berkenan.
    RgdsMariska

    Answer 9 : Makasih banyak buat mbak Indah, Emaknya Kiki & Alan, mbak Dewi, mbak Dian & mbak Mariska buat sharingnya ..Aku coba browse di internet u/ cari tau – tp belum sempat nemu artikel yg bisa kasih penjelasan lebih lanjut ttg efeknya terhadap luka caesar.menurut aku pribadi sih, pilihan berbalik ke masing2 orang .. karena(he he , kalo aku boleh milih sih, mudah2an anak kedua nanti gak perlu caesar … :D)
    http://jingtaihong.com/herbalinfo3.htmlPien Tze Huang
    GeneralFollowing an old Imperial court recipe, pien tze huang is made from several precious herbs including musk, cow bezoars, sanchi and snake’s gall. It is a remarkable cure for hepatitis, inflammations and pain, and has a ‘cooling’ effect. However, it is strictly NOT to be taken by expectant mothers.
    Reggia

    Answer 10 : Dulu waktu istri saya operasi hemoroid, juga minum obat cina karena disuruh ibunya, alasannya biar luka cepet kering. Saya lupa mereknya, tapi hargnya sekitar 300 ribuan untuk beberapa buah pil.Setelah minum satu pil ( 1~2 jam setelah minum obat dokter ) istri saya muntah, keringat dingin, pucat dan hampir pingsan. Akhirnya sisa obatnya saya buang. Hasilnya bekas operasinya tetap kering dan sembuh dg obat dokter saja.
    Obat Cina / obat herbal sebagian besar tidak ada EBMnya dan tidak selamanya obat herbal itu aman dikonsumsi.lebih baik pake yg ‘aman’ saja, yaitu obat medis.
    thanks, samsul

  2. Sumber: http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita-anda.com/msg79628.html

    > —– Original Message —–
    > From:
    > To:
    > Sent: Monday, June 06, 2005 2:53 PM
    > Subject: [balita-anda] Obat Pin Tze Huang
    >
    >
    > > Dear Ibu dan Bapak,
    > >
    > > Saya mau melahirkan tanggal 15 June , sudah diputuskan persalinan dengan
    > > sectio, karena babynya masih belum masuk ke mangkuk, ini anak ke 2,
    nanak
    > > pertama juga dengan dengan jalan sectio, waktu anak pertama saya tidak
    > > mengkonsumsi obat Puin Tze Huang, kali ini kayanya saya akan konsumsi.
    > > karena berdasarkan pengalaman banyak orang yang sectio selain
    menggunakan
    > > obat dokter juga mengkonsumsi obat ini, hasil luka operasinya cepat
    kering
    > ?
    > > Untuk Bapak atau Ibu tolong dibantu jawab ya
    > > 1. Obat ini katanya banyak yang palsu, baiknya saya beli di toko obat
    cina
    > > dimana ?
    > > 2. Biasanya per paket berapa kapsul
    > > 3. Aturan pakainya yang umum bagaimana
    > >
    > > Please help yah supaya aku ngga salah beli .
    > >
    > >
    > > Salam,
    > > Mama Gerald

    —– Original Message —–
    From: melisa
    To:
    Sent: Monday, June 06, 2005 2:15 PM
    Subject: Re: [balita-anda] Obat Pin Tze Huang

    > Dear Mama Gerald,
    >
    > Jangan minum obat itu ya,…gak ada gunanya. Tanpa obat itu, kalau
    > penanganan habis operasinya benar, lukanya juga cepat kering kok. Kita kan
    > enggak pernah tahu, apa efek obat2an itu pada ASI kita. Kasihan anak kita.
    >
    > Melisa
    >

    Re: [balita-anda] Obat Pin Tze Huang
    Renny Burhan
    Mon, 06 Jun 2005 01:22:56 -0700

    tuuullll, apa yg dikatakan Melisa……..
    saya melahirkan anak ke 3 dgn sectio thn 2002
    (anak 1 & 2 lahir normal)
    dan saya juga lsg steril……..
    cuma 1 minggu luka operasi saya sudah sembuh dan Syukur nya
    sudah 3 thn tidak ada keluhan apapun (gatal, keloid dll)

    fenny . juliana
    Mon, 06 Jun 2005 01:28:38 -0700

    Kalo berdasarkan pengalaman saya, emang obat itu manjur utk yang
    menjalanin operasi. Kebetulan waktu saya melahirkan anak pertama minum
    obat itu. Efeknya luka operasi cepat kering, tapi ASI juga ikutan cepat
    kering (saya hanya sempat beri ASI selama 1 bln). Tapi saya sendiri gak
    tau apa ASI nya brenti krn obat itu atau karena kondisi saya saat itu
    (maklum anak pertama, dan saya jaga sendiri, gak pake baby sitter), krn
    saat itu saya rasa agak capek dan stress (krn menurut pengalaman, stress
    juga mempengaruhi lancarnya ASI). Trus waktu anak kedua (caesar juga),
    saya gak minum obat itu, luka operasi kering seperti biasa dan saya sukses
    memberi full ASI selama 4 bulan.

    Jadi, itu sekedar pengalaman saya saja. Maaf kalo kurang membantu.

    Rgds,
    Fenny

    “Mariani Widjaja”
    06/06/2005 02:35 PM
    Please respond to
    balita-anda@balita-anda.com

    Subject
    RE: [balita-anda] Obat Pin Tze Huang

    Dear Mama Gerald,

    Saya pribadi minum obat Pin Tze Huang sudah 4 kali (klahiran cesar anak 1 dan 2 dan 2 kali waktu operasi sinus)
    Obat ini gunanya agar luka cepat kering.

    Minumnya hrs berjarak 4 jam dari obat dokter krn itu saya minum obat ini malam hari (sekitar jam 12 malam) agar ada jarak waktu 4 jam.
    Pin Tze Huang yg asli dusnya ada hologramnya, dpt dibeli di toko Obat
    China, di glodok or di kelapa gading (ada toko obat Naga dekat sport club kelapa gading). Harganya ratusan ribu (diatas Rp. 100 ribu). Biasanya biji Pin Tze Huang (seperti biji rambutan) ditumbuk dan bubuknya dimasukkan ke dlm 6 capsule. Sehari cukup makan 1 capsule saja.

    Biasanya kita minum 1 buah sebelum operasi (min. 4 jam sebelum operasi,
    agar ada jarak dgn obat2 dokter or anestesi)

    Utk ASI, obat ini tak ada efek ke bayi saya.

    Percaya or tidak sdh tradisi, obat ini digunakan utk yg akan menjalankan
    operasi.

    Farah Fitri
    Tue, 07 Jun 2005 00:08:14 -0700
    maaf ya moms and dads
    rada telat komennya… cuma mau curhat juga nih jadinya….merasa banyak yg
    senasib dgnku…. (Gak Bisa ASI)

    aku juga lahiran anak pertama sectio, dan disarankan minum obat pinzhe huang
    itu…sama ortu 1 hari 1 tablet (dibuat 5/6 tablet, lupa)
    krn gak ngerti efeknya apa, cuma dibilangin biar luka cepat kering, aku
    nurut aja.

    hari ke-3 susu bengkak, dan keluarnya dikiiiiit bgt, kalo dimessage susah2
    cuma dapat 3-4 sdm
    duuh sediih bgt…gak bisa ngasih yg terbaik utk baby-ku

    trus berdasarkan 1-2 teman yg juga minum obat tsb dan juga para moms di
    milis ini, aku smk yakin mgk “salah satu” (jadi gak 100% penyebab mutlak,
    tapi setidaknya ada-lah kontribusi penyebabnya) alasan kenapa ASI-ku segitu
    kering pdhal segala katuk aku lahap, pepaya muda yg pahit juga aku lahap,
    tapi tetep aja ASI gak keluar banyak, ortuku hanya bisa menghibur “udahlah
    mgk si baby tau mamanya kerja, jd gak mau repotin” pdhal akunya mauuuuuuuuu
    banget kasih ASI, gak peduli cape atau repot.

    mgk juga karena ditambah stress saat itu gak bisa kasih ASI utk baby-ku yg
    nangis terus, yg bikin nambah ASI gak keluar…
    ada 1 lagi info, kakak iparku lahiran normal dan tdk minum pinze huang, JUGA
    tdk keluar ASI samsek, so jadi terserah anda gimana menyikapinya…

    tapi saya pribadi sih… insya allah kalo dikasih rejeki anak lagi, yg ke 2
    nanti aku gak pakai pinze huang lagi. sedihnya tak terkira…gak bisa ASI.

    mgk obat ini sangat efektif kalo utk operasi selain sectio kali yah….krn
    membuat jahitan cepat kering.
    maaf utk yg kurang berkenan cuma berbagi pengalaman aja….

    Wulan Kania
    Tue, 07 Jun 2005 23:23:16 -0700
    Aku jg makan obat itu, dan tidak pengaruh ke ASI jg, malah banyak banget
    sampai baju basah kaya keringetan klo ngga pake breast pad. Tp memang
    dibarengi dengan makan sayur katuk sih. Tp saya sempat dpt pujian dr
    dokterku krn lukanya cepat kering bgt. (Dokter tdk tau klo aku mengkonsumsi
    obat tsb, aku lebih percaya pd pengalaman orang2, dan kayanya saudara2ku jg
    tdk kena efek2 samping stelah minum obat itu). Tp klo ragu lebih baik tidak
    makan, klo kepikiran terus otomatis ASI nya sedikit. Orang 2 tua bilang spy
    ASI banyak, makan makanan bergizi dan pikiran tenang, bahagia, dan lapang.
    Smoga bantu.
    —– Original Message —–
    From: “Lusiana”
    To:
    Sent: Wednesday, June 08, 2005 12:01 PM
    Subject: RE: [balita-anda] Obat Pin Tze Huang

    > Dear mama Gerald,
    >
    > Aku pernah minum obat ini sehabis melahirkan sectio.
    > Obat ini untuk mempercepat kesembuhan luka operasi,
    > Tidak ada pengaruhnya ke ASI, tetap lancar kok.
    > (Mungkin pengaruhnya beda ke masing2 orang kali yach..)
    > Dan dokter saya juga memperbolehkan minum obat ini..
    > Tapi memang harus diberi jarak +/- 4 jam.
    > Bukankah obat apapun pun harus diberi jarak paling tidak 4 jam?
    > So, saran saya..
    > Kalo mbak yakin obat ini bagus & tidak ada efek ke ASI, minum aja.
    > Tapi, kalo mbak kurang yakin or takut ASI berkurang, mending jangan.
    > O’ya ada baiknya diskusi dengan suami atau orang tua.
    > Semoga bisa membantu..
    >
    > -Lusy-
    > Rachel’s Mom

  3. aku mau beLi obat ini ..
    juaL onLine ga yaa ? :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

